Text
Manajemen strategi & Isu-isu kekinian
Kemajuan teknologi informasi sangat mempengaruhi kemajuan suatu organisasi. Dimana keberadaan suatu oerganisasi bisnis tidak terlepas dari tiga hal, yaitu alam semesta, masyarakat dan kehidupan. Ketiganya secara konsisten terus-menerus mengalami perubahan. Proses ini membuktikan bahwa yang mampu beradaptasilah yang akan mampu bertahan dalam berbagai kondisi perubahan. Perusahaan yang mampu mempertahankan diri bahkan berlari di depan adalah mereka yang mampu menemukan kesesuaian strategi perusahaan dengan tantangan perubahan lingkungan yang dihadapi. Ia mampu merespon isu-isu terkini yang muncul dengan strategi yang tepat hingga mampu merubahnya menjadi peluang. Dan sebaliknya, perusahaan yang tidak mempu menjawab tantangan lingkungan, akan tertinggal bahkan tersingkir dari persaingan bisnis. Organisasi harus mampu menyesuaikan diri dan bijak dalam memandang strategi yang dijalankan. Strategi bisnis sering dipandang sebagai sesuatu yang sakral dan tidak bisa dirubah dalam waktu yang cukup singkat sehingga akan bertahan dalam waktu yang cukup panjang. Saat ini, strategi yang kaku justru dapat mengancam keberlangsungan perusahaan. Hal ini dipacu oleh cepatnya perubahan dan perkembangan teknologi informasi yang berdampak kepada cepatnya perubahan lingkungan bisnis. Oleh karena itu, organisasi perlu meninjau ulang strategi bisnis yang telah dibuat sampai kepada level mikro, yaitu pada level operasional dan terus menyesuaikannya dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Melalui buku ini, memberikan gambaran proses penyusunan strategi organisasi dan bagaimana menyesuaikannya dengan isu-isu perubahan lingkungan bisnis, yang sering dikenal istilah VUCA (Volatility, Uncertainty, complexity, and ambiguity). Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh praktis bagaimana perusahaan di Indonesia dalam menerapkan strateginya sampai pada level operasional (Frontliner). Karena, tidak jarang strategi yang telah susah payah didesain, berakhir pada level manajerial dan hilang makna pada level operasional. Pembahasan dalam buku ini meliputi dasar-dasar manajemen strategis, praktik manajemen strategis, benchmarking, manajemen perubahan, strategi pemberdayaan SDM untuk menunjang strategi perusahaan, dan teknologi informasi di era diskruption. Dengan pemahaman mendasar tentang manajemen strategis yang dilengkapi dengan contoh-contoh praktis, serta isu-isu terkini yang mengemuka, buku ini dapat memberikan pemahaman secara lengkap bagaimana perusahaan dan organisasi pada umumnya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan persaingan yang semakin cepat berubah.
IAIA-2445 | 658.406 3 WID m | PTSL 01 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain